Resensi Buku "21 Hari di Adelaide Explore" karya Rita Sugiartinengsih


Judul Buku: 21 Hari di Adelaide Explore 
Penulis : Rina Sugiartinengsih 
ISBN: 978-602-52899-4-1
Tebal: 88 halaman 
Tahun terbit: 2018
Penerbit: Adhi Sarana Nusantara 
Diresensi oleh Ari Susanah

Buku ini menceritakan tentang pengalaman penulis selama mengikuti pelatihan di Adelaide Australia. Kegiatan pelatihan ini masuk dalam program Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan mutu guru. 

Setelah melalui serangkaian proses seleksi CPD ( Continuous Profesional Development) dengan tes TOEFL dan wawancara penulis akhirnya dinyatakan lulus. Dengan jumlah peserta yang akan diberangkatkan ke Australia, pihak penyelenggara membagi menjadi 3 angkatan.
Setelah itu penulis melaksanakan tahap pembekalan dari dinas terkait. Dari pengenalan tentang budaya dan juga pengenalan tentang berbagai tujuan dari continuous profesional development atau CPD. 

Kisah-kisahnya di negeri kanguru tepatnya di kota adalaide sangat menginspirasi dan berkesan. Penulis juga banyak menyertakan foto-fotonya dalam buku ini. Manajemen waktu, disiplin kerja,  dan kebersihan lingkungan ketika berada di Australia sangat membuatnya terkesan. Sehingga ketika selesai melaksanakan pelatihan di negeri kanguru tersebut membuat penulis merasa harus berjuang menjadikan pendidikan di Indonesia agar bisa menjadi lebih baik. 

Kelebihan buku ini ialah banyak disertai gambar foto-foto yang menjadikan cerita ini lebih otentik. Juga kisah-kisah penulis yang sangat berharga untuk dibagikan kepada guru-guru lain sebagai pembaca sehingga dapat menjadi inspirasi. 

Kelemahan dari buku ini adalah font tulisan yang sangat kecil menyulitkan untuk dibaca. Juga masih terdapat beberapa penulisan yang belum baku sesuai dengan kaidah kebahasaan, mungkin ini adalah catatan jurnalisme pribadi dari penulis di buku jurnalnya. 

Tambun Selatan, 28 februari 2023
Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Ari Susanah. Saya tinggal di Kabupaten Bekasi Tambun Selatan desa Sumberjaya. Saya menikah, punya 4 orang anak. Profesi saya adalah guru. Saya telah menerbitk…

Posting Komentar

© Ari Susanah Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain