Postingan

 


Aku dan Cita-cita
Karya: Ari Susanah

"Apa cita-cita Ibu ketika kecil?"


Terngiang pertanyaan dari salah seorang muridku pada perkenalan awal semester lalu. Ketika itu hari pertama masuk sekolah. Seperti biasa kegiatan belajar mengajar belum langsung masuk ke materi pembelajaran. Kami masih santai dengan mengawali pertemuan kami dengan perkenalan.
Saya memperkenalkan diri sebagai salah satu guru yang mengajar di kelas tersebut. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Bahasa Inggris. Kemudian setelah itu saya mengabsen mereka satu persatu. Ketika nama mereka saya panggil, saya meminta mereka untuk berdiri. Mereka berdiri untuk memperkenalkan diri. Saya meminta mereka untuk paling tidak menyebut nama, alamat, hoby, tujuan mereka belajar, dan menyebutkan cita-cita mereka. Sebagian dari mereka ada yang dengan percaya diri memperkenalkan diri mereka. Ada yang cuma menyebut nama dan di mana mereka tinggal. Ada juga yang dengan muka malu-malu memperkenalkan diri. Sehingga saya harus memancing mereka dengan pertanyaan, agar mereka mau berbicara.
Dan setelah semua mendapat giliran memperkenalkan diri, secara tidak terduga ada salah satu siswa yang bertanya.


"Apa cita-cita Ibu ketika kecil?" tanya seorang murid perempuan yang sedari tadi sangat antusias dengan tema perkenalan pagi itu.


Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Ari Susanah. Saya tinggal di Kabupaten Bekasi Tambun Selatan desa Sumberjaya. Saya menikah, punya 4 orang anak. Profesi saya adalah guru. Saya telah menerbitk…

Posting Komentar

© Ari Susanah Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain