Postingan

KBMN PGRI Pertemuan ke-28: Teknik Promosi Pemasaran Buku

 


Pada pertemuan ke-28 yang semakin ketat dan mengerucut ini tema yang akan kita bahas adalah Teknik Promosi Buku. Moderator pada malam hari ini masih dengan bapak SIM Chung Wei, S.P. atau yang lebih dikenal dengan sapaan Koko SIM. Dan narasumber hebat kita malam ini adalah bapak Akbar Zainuddin, M.M., MNE.

Sebelum kelas dimulai seperti biasa founder hebat kita Om Jay memberikan kata pengantar. Beliau membagikan pengalamannya saat beliau berusaha mempromosikan bukunya. 

https://wijayalabs.com/2021/08/24/strategi -pemasaran-buku-bersama-akbar-zainudin/

Strategi Pemasaran Buku terdiri dari 4 hal yang biasa disebut dengan 4P, antara lain yaitu:

1. Product (strategi produk)

2. Price (strategi harga)

3. Place of distribution (strategi tempat distribusi pemasaran)

4. Promotion (promosi)


Menurut Om Jay cara yang paling mudah adalah menjualnya di marketplace secara online. Kita tinggal duduk manis saja dan buku pun terbang ke seluruh Indonesia. Demikian motivasi dari Om Jay yang cukup membakar semangat untuk terus menulis. Meskipun selama menulis banyak sekali halangan dan kendala untuk segi pemasarannya. 

Selanjutnya kita akan berkenalan dengan narasumber kita yaitu bapak Akbar zainuddin. Beliau adalah penulis buku Man Jadda Wajada. Ini adalah buku Solo pertamanya sebelumnya beliau menulis beberapa buku antologi. Alhamdulillah buku ini baru cetakan ke-13 beredar 55.000 eksemplar. Setelah itu beliau menulis 15 buku dari tahun 2010 sampai sekarang. 

Beliau membrandingkan diri sebagai motivator dan penulis buku-buku motivasi. Karena itu yang beliau tulis hampir semuanya buku-buku tentang motivasi. Supaya orang mendengar dan mengenal nama beliau sebagai seorang motivator. Anda motivasi belajar, motivasi hidup, motivasi kerja, motivasi bisnis, motivasi menulis, dan juga motivasi agama atau religi.

Buku beliau tersebut menjadi materi pembelajaran Diklat menulis yang beliau adakan selama pandemi lalu. Dan bersyukur sebagai trainer beliau biasanya keliling ke berbagai tempat di Indonesia untuk menyebarkan semangat Man Jadda wajada. Dan tentu saja ketika pandemi beliau melakukannya secara online. 

Beliau mempunyai empat hobi yaitu mengajar, menulis, jalan-jalan, dan makan. Dari dulu beliau berpikir bagaimana bisa menjalankan empat hal ini secara bersamaan. Dan bersyukur sebagai trainer keempat hal ini bisa dilakukannya dengan mudah. Salah satu impiannya adalah bisa keliling ke 34 provinsi se-Indonesia. Dan bersyukur sampai saat ini beliau keliling ke-33 provinsi kurang satu provinsi lagi yaitu Papua.

Beliau menyampaikan meminta doa supaya dapat khatam untuk keliling ke seluruh provinsi di Indonesia termasuk Papua. 

Buku terlaris kedua beliau adalah Ketika Sukses Berawal dari Pesantren. Ini adalah buku motivasi khusus buat santri dan santriwati. Menjadi laris karena memang beliau sebarkan bersama pelatihan motivasi untuk para santri dan santriwati seluruh Indonesia. Bagi rekan-rekan guru yang berasal dari lingkungan pesantren boleh berbagi ilmu lebih jauh dengan beliau.

Ketika di pesantren pada umumnya ada dua jenis seminar motivasi. Yaitu pelatihan menulis buku, dan motivasi agar seluruh santri betah di pesantren, punya impian besar lebih menghormati Guru dan orang tua. 

Dan buku terbarunya yaitu The power of Man Jadda wajada yang merupakan penyempurnaan dari Man Jadda wajada Sari pertama. Dan buku untuk guru adalah guru hebat Man Jadda wajada. 

Berikutnya beliau share materi tentang strategi pemasaran buku yang diambil dari buku beliau Uktub panduan menulis buku dalam 180 hari.

Strategi Promosi Buku

Promosi adalah cara kita memberikan informasi tentang produk kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli produk kita. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki kepada audience kita agar mereka tertarik dan mau membeli. 

Mengapa promosi buku itu penting karena sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau audien tidak mengetahui produk kita maka mereka tidak akan tertarik apalagi mau membeli buku kita.

4 tujuan dari promosi buku adalah:

1. Membuat audien mengenal atau mengetahui buku kita.

2. Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimana caranya yang tadinya mereka tidak butuh tetapi setelah kita promosikan menjadi butuh.

3. Meyakinkan konsumen untuk membeli buku.

4. Mengharapkan konsumen agar mau merekomendasikan buku kita kepada orang lain.

Tujuan program promosi buku bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis beberapa program promosi yang bisa dilakukan antara lain:

1. Launching buku, adalah program meluncurkan buku baru bisa di aula masjid lembaga pendidikan hotel dan di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis yang membiayai launching bisa penerbit maupun penulis bisa juga launching buku di sosial media seperti FB, IG, dan YouTube.

2. Bedah buku, adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bisa dilakukan secara online maupun offline. Artinya kita menyelenggarakan bisa bekerja sama dengan berbagai lembaga, antara lain lembaga pendidikan, perpustakaan, majelis taklim masjid, dan sebagainya.

3. Seminar atau pelatihan, ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita. 


Tambun Selatan, 13 Maret 2023

Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Ari Susanah. Saya tinggal di Kabupaten Bekasi Tambun Selatan desa Sumberjaya. Saya menikah, punya 4 orang anak. Profesi saya adalah guru. Saya telah menerbitk…

Posting Komentar

© Ari Susanah Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain